ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1 (APKG-PKP 1) PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Nama Mahasiswa MELKISEDEK DUDE Mata Pelajaran/ Tema IPA/ PERTANIAN
NIM 8 2 1 9 5 0 6 0 9 Waktu (Jam) 2 x 35 Menit
Tempat Mengajar SD GMIT O’A Hari, Tanggal Jumat, 6 Juni 2014
Kelas III UPBJJ-UT Kupang
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru / mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini :
Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan merumuskan Tujuan/ Indikator perbaikan pembelajaran
1 2 3 4 5
Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan masalah yang diperbaiki.
Merumuskan tujuan khusus/ indikator perbaikan pembelajaran
Rata-rata butir 1 = A
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, menentukan tema, media (alat bantu pembelajaran) dan sumber belajar
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran
Mengembangkan jaringan tema dan menentukan tema (khusus untuk pembelajaran tematik)
Menentukan dan mengembangkan alat bantu pembelajaran
Memilih sumber belajar
Rata-rata butir 2 = B
Merencanakan skenario perbaikan pembelajaran
Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran/yang sesuai dengan tema (untuk pembelajaran tematik)
Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran/yang sesuai tema (untuk pembelajaran tematik)
Menentukan alokasi waktu perbaikan pembelajaran
Menentukan cara – cara memotivasi siswa
Menyiapkan pembelajaran
Rata-rata butir 3 = C
Merancang pengolahan kelas perbaikan pembelajaran
Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar
Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam perbaikan pembelajaran
Rata-rata butir 4 = D
Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian perbaikan pembelajaran
Menentukan prosedur dan jenis penilaian (khusus untuk pembelajaran tematik prosedur penilaian harus dilakukan secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh)
Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban
Rata-rata butir 5 = E
Tampilan dokumen rencana perbaikan pembelajaran
Kebersihan dan kerapian
Penggunaan bahasa tulis
Rata-rata butir 6 = F
Nilai APKG 1 PKP PGSD = =
Mengetahui
Kepala Sekolah,
ANDERIAS SAITAKELA, S.Pd
NIP. 19750414 200112 1 007
No.HP : 0813 3928 8581 O’A, 06 Juni 2014
Penilai 1/ Penilai 2
JUMADI, S.Pd.SD
NIP. -
No.HP : 0821 4522 0877
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 2 (APKG-PKP 2)
PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Nama Mahasiswa MELKISEDEK DUDE Mata Pelajaran/ Tema IPA/ PERTANIAN
NIM 8 2 1 9 5 0 6 0 9 Waktu (Jam) 2 x 35 Menit
Tempat Mengajar SD GMIT O’A Hari, Tanggal Jumat, 30 Mei 2014
Kelas III UPBJJ-UT Kupang
PETUNJUK
Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
Pusatkan perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa
Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut
Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dengan mata pelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan
Nilailah semua aspek kemampuan guru.
Mengelola ruang dan fasilitas belajar 1 2 3 4 5
Menata fasilitas dan sumber belajar
Melaksanakan tugas rutin kelas
Rata-rata butir 1 = A
Melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran
Memulai pembelajaran
Melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis
Melaksanakan perbaikan pembelajaran secara individual, kelompok atau klasikal
Mengelola waktu pembelajaran secara efisien
Rata-rata butir 2 = B
Mengelola interaksi kelas
Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran
Menangani pertanyaan dan respon siswa
Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat dan gerakan badan
Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
Menetapkan penguasaan materi pembelajaran
Rata-rata butir 3 = C
Bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sifat positif siswa terhadap belajar
Menunjukkan sikap ramah, luwes, terbuka, penuh pengertian dan sabar kepada siswa
Menunjukkan kegairahan dalam mengajar
Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi
Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangannya
Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri
Rata-rata butir 4 = D
Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam perbaikan pembelajaran mata pelajaran tertentu
Bahasa Indonesia
Mendemonstrasikan penguasaan materi Bahasa Indonesia
Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar
Memberikan latihan keterampilan berbahasa
Peka terhadap kesalahan penggunaan istilah teknis
Memupuk kegemaran membaca
Rata-rata butir 5.a = E
Matematika
Menanamkan konsep matematika melalui metode bervariasi yang sesuai dengan karakteristik materi
Menguasai simbol- simbol matematika
Memberikan latihan matematika
Menguasai materi matematika
Rata-rata butir 5.b = E
IPA
Membimbing siswa membuktikan konsep IPA melalui pengalaman langsung terhadap objek yang dipelajari
Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman belajar dengan berbagai kegiatan
Menggunakan istilah yang tepat pada setiap langkah pembelajaran
Terampil dalam melakukan percobaan IPA serta tepat dalam memilih alat peraga IPA
Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari
Menampilkan penguasaan IPA
Rata-rata butir 5.c = E
IPS
Menerapkan metode bervariasi dalam pembelajaran IPS
Menggunakan media/alat bantu dalam pembelajaran IPS
Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran IPS
Ketepatan menggunakan istilah-istilah / konsep IPS dalam pembelajaran IPS
Menerapkan konsep IPS terpadu dalam kehidupan sehari-hari
Rata-rata butir 5.d = E
PKN
Menggunakan metode dan alat bantu dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan
Meningkatan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan
Ketepatan penggunaan istilah-istilah khusus dan konsep dalam pendidikan kewarganegaraan
Menunjukan penguasaan materi pendidikan kewarganegaraan
Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari
Rata-rata butir 5.e = E
Tematik
Menampilkan penguasaan Pembelajaran Tematik secara holistik
Terampil menggunakan metode dan media pembelajaran
Mahir dalam mengaitkan tema dengan kehidupan sehari-hari
Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengamatan langsung
Mengembangkan kemampuan siswa dalam berbagai aspek yang terkait dengan tema
Menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari
Rata-rata butir 5.f = E
Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran
Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran
Rata-rata butir 6 = F
Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
Keefektifan proses pembelajaran
Penggunaan Bahasa Indonesia lisan
Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa
Penampilan guru dalam pembelajaran
Rata-rata butir 7 = G
Nilai APKG2 PKP PGSD = /7 =
*) Lingkari yang sesuai
Mengetahui
Kepala Sekolah,
ANDERIAS SAITAKELA, S.Pd
NIP. 19750414 200112 1 007
No.HP : 0813 3928 8581 O’A, 06 Juni 2014
Penilai 1/ Penilai 2
JUMADI, S.Pd.SD
NIP. -
No.HP : 0821 4522 0877
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan di komen yah.....