Selamat Datang di Blog Mau Pintar

SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANAKU

Sabtu, 28 Juni 2014

contoh APKG

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1 (APKG-PKP 1) PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Nama Mahasiswa    MELKISEDEK DUDE    Mata Pelajaran/ Tema    IPA/ PERTANIAN
NIM    8 2 1 9 5 0 6 0 9    Waktu (Jam)    2 x 35 Menit
Tempat Mengajar    SD GMIT O’A    Hari, Tanggal    Jumat, 6 Juni  2014
Kelas    III    UPBJJ-UT    Kupang

PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru / mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini :
    Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan merumuskan Tujuan/ Indikator perbaikan pembelajaran   
    1    2    3    4    5
    Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan masalah yang diperbaiki.   

    Merumuskan tujuan khusus/ indikator perbaikan pembelajaran   

    Rata-rata butir 1 = A
    Mengembangkan dan mengorganisasikan materi, menentukan tema, media (alat bantu pembelajaran) dan sumber belajar   
    Mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran   

    Mengembangkan jaringan tema dan menentukan tema (khusus untuk pembelajaran tematik)   

    Menentukan dan mengembangkan alat bantu pembelajaran   

    Memilih sumber belajar   
   
Rata-rata butir 2 = B
    Merencanakan skenario perbaikan pembelajaran   

    Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran/yang sesuai dengan tema (untuk pembelajaran tematik)   

    Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran/yang sesuai tema (untuk pembelajaran tematik)   

    Menentukan alokasi waktu perbaikan pembelajaran   

    Menentukan cara – cara memotivasi siswa   
    Menyiapkan pembelajaran   
   
Rata-rata butir 3 = C
    Merancang pengolahan kelas perbaikan pembelajaran   
    Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar   
    Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam perbaikan pembelajaran   
    Rata-rata butir 4 = D

    Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian perbaikan pembelajaran   
    Menentukan prosedur dan jenis penilaian (khusus untuk pembelajaran tematik prosedur penilaian harus dilakukan secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh)   

    Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban   

    Rata-rata butir 5 = E

    Tampilan dokumen rencana perbaikan pembelajaran   
    Kebersihan dan kerapian   

    Penggunaan bahasa tulis   

   
Rata-rata butir 6 = F


Nilai APKG 1 PKP PGSD =       =


Mengetahui
Kepala Sekolah,




ANDERIAS SAITAKELA, S.Pd
NIP. 19750414 200112 1 007
No.HP : 0813 3928 8581    O’A, 06 Juni 2014
Penilai 1/ Penilai 2




JUMADI, S.Pd.SD
NIP. -
No.HP : 0821 4522 0877
















ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 2 (APKG-PKP 2)
PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Nama Mahasiswa    MELKISEDEK DUDE    Mata Pelajaran/ Tema    IPA/ PERTANIAN
NIM    8 2 1 9 5 0 6 0 9    Waktu (Jam)    2 x 35 Menit
Tempat Mengajar    SD GMIT O’A    Hari, Tanggal    Jumat, 30 Mei 2014
Kelas    III    UPBJJ-UT    Kupang

PETUNJUK
    Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
    Pusatkan perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa
    Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian berikut
    Khusus untuk butir 5, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dengan mata pelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan
    Nilailah semua aspek kemampuan guru.
    Mengelola ruang dan fasilitas belajar    1    2    3    4    5
    Menata fasilitas dan sumber belajar   

    Melaksanakan tugas rutin kelas   

   
Rata-rata butir 1 = A
    Melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran   
    Memulai pembelajaran   

    Melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan   

    Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan   

    Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis   

    Melaksanakan perbaikan pembelajaran secara individual, kelompok atau klasikal   

    Mengelola waktu pembelajaran secara efisien   

   
Rata-rata butir 2 = B
    Mengelola interaksi kelas   
    Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran   

    Menangani pertanyaan dan respon siswa   

    Menggunakan ekspresi lisan, tulisan, isyarat dan gerakan badan   

    Memicu dan memelihara keterlibatan siswa   

    Menetapkan penguasaan materi pembelajaran   

   
Rata-rata butir 3 = C
    Bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sifat positif siswa terhadap belajar
    Menunjukkan sikap ramah, luwes, terbuka, penuh pengertian dan sabar kepada siswa   

    Menunjukkan kegairahan dalam mengajar   

    Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi   

    Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangannya   

    Membantu siswa menumbuhkan kepercayaan diri   

   
Rata-rata butir 4 = D

    Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam perbaikan pembelajaran mata pelajaran tertentu
    Bahasa Indonesia
    Mendemonstrasikan penguasaan materi Bahasa Indonesia   

    Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar   

    Memberikan latihan keterampilan berbahasa   

    Peka terhadap kesalahan penggunaan istilah teknis   

    Memupuk kegemaran membaca   

   
Rata-rata butir 5.a = E
    Matematika
    Menanamkan konsep matematika melalui metode bervariasi yang sesuai dengan karakteristik materi   

    Menguasai simbol- simbol matematika   

    Memberikan latihan matematika   

    Menguasai materi matematika   

   
Rata-rata butir 5.b = E
    IPA
    Membimbing siswa membuktikan konsep IPA melalui pengalaman langsung terhadap objek yang dipelajari   

    Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman belajar dengan berbagai kegiatan   

    Menggunakan istilah yang tepat pada setiap langkah pembelajaran   

    Terampil dalam melakukan percobaan IPA serta tepat dalam memilih alat peraga IPA   

    Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari    

    Menampilkan penguasaan IPA   

   
Rata-rata butir 5.c = E
    IPS
    Menerapkan metode bervariasi dalam pembelajaran IPS   

    Menggunakan media/alat bantu dalam pembelajaran IPS   

    Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran IPS   

    Ketepatan menggunakan istilah-istilah / konsep IPS dalam pembelajaran IPS   

    Menerapkan konsep IPS terpadu dalam kehidupan sehari-hari   

   
Rata-rata butir 5.d = E
    PKN
    Menggunakan metode dan alat bantu dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan   

    Meningkatan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan   

    Ketepatan penggunaan istilah-istilah khusus dan konsep dalam pendidikan kewarganegaraan   

    Menunjukan penguasaan materi pendidikan kewarganegaraan   

    Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan sehari-hari   

   
Rata-rata butir 5.e = E
    Tematik
    Menampilkan penguasaan Pembelajaran Tematik secara holistik   

    Terampil menggunakan metode dan media pembelajaran   

    Mahir dalam mengaitkan tema dengan kehidupan sehari-hari   
    Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengamatan langsung   


    Mengembangkan kemampuan siswa dalam berbagai aspek yang terkait dengan tema   
    Menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari   

   
Rata-rata butir 5.f = E

    Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
    Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran   

    Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran   

   
Rata-rata butir 6 = F

    Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
    Keefektifan proses pembelajaran    

    Penggunaan Bahasa Indonesia lisan   

    Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa   

    Penampilan guru dalam pembelajaran   

   
Rata-rata butir 7 = G

Nilai APKG2 PKP PGSD   = /7 =

*) Lingkari yang sesuai

Mengetahui
Kepala Sekolah,




ANDERIAS SAITAKELA, S.Pd
NIP. 19750414 200112 1 007
No.HP : 0813 3928 8581    O’A, 06 Juni 2014
Penilai 1/ Penilai 2




JUMADI, S.Pd.SD
NIP. -
No.HP : 0821 4522 0877

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan di komen yah.....