Selamat Datang di Blog Mau Pintar

SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANAKU

Kamis, 26 Juni 2014

Penelitian Tidakan Kelas (PTK) Mata Pelajaran IPS

UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI DESAIN DAN STRATEGI BELAJAR KELAS III SD NEGERI BAUMI













OLEH
APOLINARIS LASIMAI
NIM : 821 95 06 16
SEMESTER : VI ( ENAM )
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
F K I P
UNIVERSISTAS TERBUKA
POKJAR ALOR
KALABAHI
2013
HALAMAN PENGESAHAN
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

JUDUL   :                UPAYA MENINGKATAN PARTISIPASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI DESAIN DAN STRATEGI BELAJAR KELAS III SD NEGERI BAUMI
PENELITIAN:    1.    NAMA MAHASISWA
2.    NIM
3.    SEMESTER
4.    MATA PELAJARAN
5.    LOKASI    :
:
:
:
:    APOLINARIS LASIMAI
821 95 06 16
VI ( ENAM )
IPS
 SD N BAUMI ( KELAS  III )

TUTOR PENGEMBANG


MESAK A. MALAILAK, S.Pd, M.Pd
NIP. 1975 05 23 2001 021 004    Baumi, 28 Mei 2013
PENELITI


APOLINARIS LASIMAI
NIM :  821 95 06 16

MENGETAHUI
PENGURUS UT CABANG ALOR




YAKOBUS O. MOANLEY
NIP. 1965 01 05 1985 121 001


A.    JUDUL : UPAYA MENINGKATAN PARTISIPASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI DESAIN DAN STRATEGI BELAJAR KELAS III SD NEGERI BAUMI
B.    BIDANG KAJIAN
Ruang lingkup bidang kajian dalam penelitian tindakan kelas ini berkaitan dengan masalah pembelajaran yaitu untuk mengetahui peningkatan partisipasi siswa dalam mempelajari IPS melalui Design dan Strategi belajar.
C.    PENDAHULUAN
Banyak kalangan  pelajar mengagap belajar adalah aktifitas yang tidak menyenangkan, duduk berjam- jam dengan mencurahkan perhatian dan pikiran pada suatu pokok bahasan, baik yang sedang di sampaikan guru maupun yang sedang dihadapi dimeja belajar. Kegiatan ini hampir selalu dirasakan sebagai beban dari pada upaya aktif untuk memperdalam ilmu.
Mereka  tidak menemukan kesadaran untuk megerjakan seluruh tugas-tugas sekolah. Banyak diantra siswa yang menggap mengikuti pelajaran tidak lebih sekedar rutinitas untuk mengisi daftar absensi, mencari nilai, melewati jalan yang harus ditempuh dan tanpa diiringi kesadaran untuk menambah wawasan atau mengasah keterampilan.
 Menurunnya gairah belajar, selain disebabkan oleh ketidaktepatan metodologis. Juga berakar pada paradigma pendidikan konvensional yang selalu menggunakan metode klasikal dan ceramah, tanpa pernah diselingi berbagai metode yang menantang untuk berusaha. Termasuk  adanya penyekat ruang struktural  yang begitu tinggi antara guru sebagai pendidik dan  siswa sebagi  peserta didik.
 Peristiwa yang paling  menonjol ialah siswa kurang berpartisipasi, kurang terlibat, dan siswa tidak punya inisiatif serta konstributif baik secra intelektual maupun secara emosional dalam pembelajara ilmu pengetahuan sosial di  kelas III. Pertanyaaan dari siswa, gagasan ataupun pendapat jarang muncul. Walaupun ada pendapat yang muncul, diikuti oleh gagsan lain sebagai respon. Belajar dan pembelajaran bagaikan 2 sisi mata uang dimana belajar merupakan perubahan perilaku yang permanen berdasarkan pengalaman yang diperoleh dan diintronalisasikan oleh peserta didik sedangkan pembelajaran yaitu segenap upaya yang dilakukan untuk menciptakan situasi agar peserta didik belajar. Meskipun kunci terjadinya belajar teletak pada kemauan sisiwa, tetapi kemauan belajar tidak dengan sendirinya timbul. Maka diperlukan seorang pembimbing atau guru.
Bertolak dari definisi diatas, guru perlu memberikan respon positif secara konkirit dan objektif yang berupa upaya membangkitkan partisipasi siswa dalam mempelajari pembelajaran baik dalam bentuk kontributf maupun inisiatif dimana partisipasi kontributif meliputi keberanian siswa menyampaikan refleksi kepada guru, dalam hal menyampaikan pendapat, atau pertanyaan dan partisipasi inisiatif meliputi siswa secara spontan dalam mengerjakan tugas-tugas yang di berikan guru. Namun penerapan dalam pembelajaran guru kadang- kadang secara sadar atau tidak menerapkan sifat otoriter, menghindari pertanyaan dari siswa, menyampaikan ilmu pengetahuan secara searah, menganggap murid sebagai penerima, pencatat dan pengingat. Sehingga mempengaruhi kualitas pembelajaran.
Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai mutu pendidikan dan kurikulum maka, seseorang guru perlu menciptakan proses pembelajan sesuai pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenagkan (PAKEM) yang berorientasi pada pengembangan ranah kognitif, afektif, pesikomotori dari peserta didik. Dan dimana sebagai seorang guru pemula harus memiliki empat kelompok kemampuan yakni :
a)    Kesadaran dan kemapuan dalam mengembangkan diri sebagai individu warga Negara berpendidikan.
b)    Menguasai bidang ilmu sumber bahan belajar.
c)    Menguasai prinsip-prinsip dasar kependidikan dan memahami hakekat subjek didik, dan
d)    Kemapuan menyusun dan menyelengarakan progaram pengajaran dan tugas-tugas keguruan kependidikan lainya (konsorsium ilmu pendidikan ).  
Dalam penelitian PTK ini, upaya meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang dilakukan yaitu melalui desain dan stragi belajar, dengan harapan proses pembelajaran akan lebih efektif dan efesien.

Dari analisis situasi diatas kondisi yang ada saat ini adalah :
    Proses belajar mengajar ( Pembelajaran IPS di kelas masi berjalan monoton.
    Desain dan strategi pembelajaran di kelas belum tepat ssasaran.
    Metode yang digunakan masih bersifat klasikal dan ceramah.
    Rendahnya kualitas pembelajaran IPS.
    Rendahnya partisipasi yang diraih siswa dari pembejaran IPS dikelas.
D.    RUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
Berdasarkan hasil analisis diatas, maka peneliti dapat merumuskan masalah sebagai berikut :
a)    Rumusan Masalah
1.    Bagaimana upaya meningkatkan pemahaman sisiwa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial?
2.    Apabila dengan dan strategi belajar, siswa dapat memehami materi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial?
b)    Pemecahan Masalah.
Metode pemecahan masalah yang akan digunakan dalm penelitian tindakan kelas ini yaitu: metode kebermaknaan dan metode drill yakni menjadikan anak bergairah dalam belajar dengan menyadarkan bahwa pengetahuan itu bermakna dalam kehidupannya. Dengan metode kebermaknaan ini, diharapkan partisipasi kontributif dan inisiatif siswa dalam bentuk keberanian menyampaikan pendapat, ide, gagasan, pertanyaan, sanggahan, kerja individu secara terstruktur serta bertanggung jawab terhadap diri meningkat. Dengan kata lain kreatifitas dan pemahaman siswa dalam pembelajaran meningkat.
E.    TUJUAN PENELITIAN
Setelah kegiatan penelitian tindakan kelas maka, tujuan penelitian yang di harapkan yaitu  untuk mengetahui partisipasi siswa dalam pembelajaran IPS melalui desain dan strategi belajar siswa kelas III SD Negeri Baumi.
F.    MANFAAT PENELITIAN
Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PTK, ini antara lain :
I.    Bagi Guru.
-    Proses belajar mengajar IPS di kelas tidak lagi berjalan secara monoton.
-    Ditemukan strategi pembelajaran yang tepat.
-    Memberikan bekal pengetahuan proses belajar yang efektif, Kualitas, Moratif dan Produktif.
-    Memperbaiki dan meningkatkan keprofesionalan guru.
-    Mendorong guru untuk melakukan PTK.
II.    Bagi Siswa.
-    Tumbuhnya rasa cinta akan mata pelajaran IPS.
-    Meningkatkan kemampuan siswa dalam aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik.
-    Prestasi siswa untuk mata pelajaran IPS meningkat dan
-    Daya serap dan gairah belajar siswa meningkat.
III.    Bagi Sekolah dan Praktisi Pendidkan :
-    Akan memberikan sumbangan dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.
-    Sebagai masukan untuk memperbaiki teknik mengajar dalam proses pembelajaran
-    Bagi dosen, akan terjalin kemitraan yang lebih erat dengan para guru sehingga akan dapat mengetahui berbagai kesulitan dan permasalahan para guru dalam sasaran tugasnya.
G.    KAJIAN PUSTAKA.
Dalam PTK pembelajaran IPS ini, peneliti menggunakan kajian pustaka dan bebrapa kerangka pikiran yakni:
    Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu bidang studi yang merupakan perpaduan atau fusi dari berbagai mata pelajaran seperti : ilmu bumi, ekonomi- politik, sejarah dan antropologi.
    Penelitian tentang belajar bahasa oleh, oxford (1992) mendefinisikan bahwa strategi belajar sebagai tingkah laku atau perbuatan yang disadari yang digunakan siswa untuk meningkatkan dan memperkokoh proses belajarnya.
    Konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantoro, “Ing ngarso sung tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tutwuri Handayani”
    Prinsip belajar aktif menurut Mulyasa (2002 : 240) bahwa materi pembelajaran yang baru di sesuaikan secara aktif dengan pengetahuan siswa yang sudah ada.
    Tujuan pendidikan IPS menurut Suwarma (2001 : 33) yakni mengembangkan kemampuan baik intelektual maupun emosional siswa agar dapat memahami dan memecahkan masalah sosial dalam rangka memperkuat partisipasi sebagai warga negara dalam kehidupan masyarakat.
    Peran guru menurut DEPDIKBUD (1996) tentang pembentukan, sikap, mental dan watak pesrta didik.
H.    RENCANA PROSEDUR  PENELITIAN
1.    Rencana Penelitian :
    Tempat Penelitian :
Tempat penelitian kelas ini berlansung di kelas III ( tiga )SD Negeri Baumi.
Kecamatan Lembur, Kabupaten Alor

    Kondisi Kelas.
Ruang kelas berada di sebelah selatan dari kelas-kelas lain, ruangan kelas nyaman di gunakan, jumlah siswa 10 orang  yang terdiri dar 4 (empat) laki-laki dan 6 (enam) orang perempuan dengan jumlah kelompok 2 (dua) kelompok diskusi.
    Waktu Penelitian.
Waktu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan pada bulan April s/d Mei 2013.
2.    Prosedur Penelitaan
    Metode penelitian:
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research (car) atau Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah- langkah sebagai berikut:
•    Merencanakan,
•    Tindakan,
•    Pengamatan,
•    Refleksi.
    Siklus penelitiaan
Pelaksanaan PTK ini meliputi 2(dua) siklus setiap siklus mempunyai skenario pembelajaran.

    Analisi data refleksi
Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini model analisi kerisis mendemontrisikan temuan data dan membandingkan dengan indicator kenerja  yang sudah ditemukan.
I.    JADWAL KEGIATAN PENELITIAN
Jadwal penelitian tindakan kelas ini berlangsung pada tahun 2012/2013 dan bentuk jadwal ini dibuat dalam bentuk matriks Gantt Chart.
No    Kegiatan    Bulan April    Bulan Mei
        1    2    3    4    1    2    3    4
1.


2.

3.
4.


5.
6.
7.    Diskusi kesepakatan, persiapan, pelaksanaan, dan masalah yang diteliti
Merumuskan tindakan yang akan dilaksanakan
Pembuatan alat observasi
Pelaksanaan tindakan
Siklus 1
Siklus 2
Penyusunan proposal
Revisi proposal
Penjilidan                                




J.    BIAYA PENELITIAN
Biaya yang diperlukan dalam penyelesaian penelitian Tindakan Kelas ini dibuat dalam bentuk tabel yakni :
KEGIATAN    RINCIAN    JUMLAH (Rp)
1.    Penyiapan Bahan Ajar







2.    Persiapan ke Lokas penelitian






3.    Penelitian Siklus






4.    Penelitia siklus II






5.    Tahap akhir penelitian
    a.    Konsultasi Awal
-    Biaya transport 1 orang x Rp.20.000
b.    Penyusunan draf bahan ajar
-    Pengadaan ATK 1x Rp.50.000
-    Uang lelah 1 orang x Rp.20.000
-    Uang makan 1 orang x Rp.10.000
c.    Revisi Bahan Ajar
-    Pengadaan ATK 1 x Rp.30.000
-    Biaya transport 1 orang x Rp.20.000
a.    Pengadaan Instrumen
-    Penyusunan panduan kerja 10 lbr x Rp.10.000
-    Penyusunan pedoman pengamatan 10 lbr x Rp.10.000
-    Pengadaan buku sumber 1 paket x Rp.50.000
-    Biaya transport 1 orang x 10.000
-    Biaya konsumsi 1 orang x 10.000
a.    Observasi dasar
Biaya transport 1 orang x Rp.10.000
b.    Latihan pelaksanaan tindakan
Biaya transport 1 orang x Rp.10.000
c.    Pelaksanaan tindakan siklus I
Biaya transport 1 orang x Rp.10.000
d.    Refleksi dan evaluasi
Biaya transport 1 orang x Rp.10.000
a.    Latihan ulang pelaksanaan tindakan
Biaya transport 1 orang x Rp.10.000
b.    Melaksanakan tindakan siklus II
Biaya transport 1 orang x Rp.10.000
c.    Refleksi dan evaluasi
Biaya transport 1 orang x Rp.10.000
d.    Penyediaan media pembelajaran
1    x Rp.20.000
a.    Penyusunan draf proposal
-    Sewa komputer 1 x Rp.100.000
-    Biaya transport 1 orang x Rp.20.000
-    Biaya konsumsi 1 orang x 10.000
b.    Refleksi dan evaluasi
-    Sewa komputer 1 x Rp.50.000
-    Biaya transport 1 orang x Rp.20.000
c.    Pengadaan/pengesahan proposal
-    Pengadaan/pengesahan
4 rangkap x 50.000
-    Biaya konsumsi 1 orang x 10.000
-    Biaya penjilidan 3 rangkap 1 x 10.000
-    Biaya pengiriman proposal
1 x 250.000   
20.000

50.000
20.000
10.000

30.000
20.000


10.000

10.000

50.000
10.000
10.000

10.000

10.000

10.000

10.000

10.000

10.000

10.000

20.000

100.000
20.000
10.000

50.000
20.000


50.000
10.000

10.000
250.000
Jumlah    850.000


K.    PERSONALIA PENELITIAN
Indentitas Peneliti
Nama    :    APOLINARIS  LASIMAI
Jenis Kelamin    :    Laki-laki
NIM    :    821950616
Semester    :    VI (enam)
Jabatan Penelitian    :    Guru Matematika
Unit Kerja    :    SD Negeri Baumi, Kelas III
L.    DAFTAR PUSTAKA

Abdul Aziz Wahab, dkk (2009). Konsep dar IPS – unniversitas terbuka. Jakarta

IGAK Wardani, dkk, (2012), penelitian tindakan kelas –unuversitas terbuka Jakarta

Muhamad Asrori (2011). Penelitian tindakan kelas – CV wacana prima. Bandung

Nurhadi. (2011) menciptakan pembelajaran IPS fektif dan menyenagkan. Multi kreasi satu delapan Jakarta Barat

Sakiman, dkk, (2010). Manajemen penelitian tindakan kelas . Inden Cindelia . Jakarta

Sherly Kusmana. (2011). Model pembelajaran siswa aktif, Sketsa Aksara Lalitia Jakarta Selatan

Sri Anita W, dkk. (2009). Strategi pembelajaran di sd Universitas terbuka. Jakarta

Tim Fkip (2011). Pemantapan kemampuan mengajar  unniversitas tebuka . Jakarta













M.    LAMPIRAN
1.    Instrumen penelitian
    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mata pelajaran IPS
•    Skenario pembelajaran  siklus I ( tahap awal )
•    Scenario pembelajaran siklus II ( tahap perbaikan )
    Lembar Observasi
•    Siklus I dan siklus II
•    Daftar nilai siswa
    Lembar Refleksi
•    Siklus I, dan siklus II
2.    Riwayat Peneliti
    Identitas Peneliti
    Pengalaman Peneliti














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran / Thema     : IPS / Pertanian
Kelas / semester         : III (Tiga) / (Dua )
Alokasi waktu         : 1 x 35 Menit
Sekolah Dasar            : SD Negeri Baumi

I.    Standar Kompetensi
    Memahami jenis pekerjaan dan pengunaan uang.
II.    Kompetensi Dasar
2.2  Memahami pentingnya semangat kerja.
III.    Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat memahami pentingnya semangat kerja :
2.    Siswa dapat memahami orang-orang yang memiliki semangat kerja
3.    Siswa dapat memjelaskan alsan orang harus bekerja
    Karakter yang di harapkan:
•    Disiplin
•    Tekun
•    Tanggung jawab
•    Ketelitian     •    Kerja sama
•    Toleransi
•    Percaya diri
•    Keberanian
IV.    Materi pokok
1.    Jenis-jenis pekerjaan
2.    Semangat kerja
V.    Metode pembelajaran
    Informasi
    Diskusi
    Tanya jawab
    Pemberi tugas
VI.     Langkah-langkah pembelajaran
A.    Kegiatan Awal :
    Mengisi daftar hadir, berdoa, mempersiapkan materi ajar
    Memotivasi siswa untuk menyalurkan pendapat
    Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu lalu
B.    Kegiatan Inti :
    Guru menanyakan siswa tentang pekerjaan  orang tua
    Guru menjelaskan cirri-ciri pentingnya semangat kerja
    Menjelaskan cirri-ciri pentingnya semangat kerja
    Siswa menarik kesimpulan dari cirri-cri orang yang memiliki semangat kerja
C.    Kegiatan Akhir :
    Guru mengajukan pertanyaan tentang materi ajar
    Siswa megerjakan tugas yang di berikan
    Bersama siswa menyimpulkan materi yang di pelajari
    Bersama siswa menyimpulkan materi yang dipelajari
VII.    Alat dan Sumber Belajar
    Sumber Belajar
    Buku IPS atau Ilmu Pengetahuan sosial ( 3” hal 37-45 )
VIII.    Penilaian
    Bentuk instrumen
1.    Menjelaskan mengapa orang harus bekerja.
2.    Berikan 3 contoh jenis pekerjaan yang menghasilkan barang.
3.    Berikan 3 contoh jenis pekerjaan yang mengahasilkan jasa.
4.    Sebutkan 2 jenis pekerjaan berdasarkan penghaassilannya.
5.    Sebutkan cirri-ciri orang yang memiliki semangat kerja.
    Jawaban
1.    Untuk memenuhi kebutuhan hidup.
2.    3 contoh jenis pekerjaan yang mengahsilkan barang yakni : Petani, Tukang Kayu, Nelayan, Penjahit.
3.    3 contoh pekerjaan yang mengahasilkan jasa yakni : Guru, Sopir, Dokter, Polisi.
4.    2  jenis pekerjaan berdasrkan penghasilan yaitu : barang dan jasa
5.    Cirri-ciri orang yang memiliki semngat kerja yaitu : Kerja keras, disiplin dan jujur.

LEMBARAN OBSERVASI PTK
SIKLUS I

Mata Pelajaran/Tema    : IPS / Pertanian
Kelas / Semester     : III ( Tiga ) / II ( Dua )
Standar Kompetensi    : Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang.
RPP. Ke.     : 2

No    ASPEK YANG DI OBSERVASI    Kemunculan    KOMENTAR
        Ada    Tidak Ada   
1    Menyediakan pijakan (Keterampilan membuka pelajaran)        √            Berdoa, cek kehadiran dan mempersiapkan materi
2    Memberikan  tuntutan (keterampilan bertanya)        √    Tidak menjelaskan tujuan pembelajaran
3    Melibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran (keterampilan bertanya)   
√        Menanyakan siswa tentang pekerjaan orang tuanya.
4    Penjelasan konsep oleh guru (keterampilan menjelaskan)        √    Materi pokok disampaikan dalam bentuk contoh saja.
5    Melaksanakan pembelajaran dengan menggunaka metode yang bervariasi dan member pengalaman langsung kepada siswa (keterampilan mengadakan variasi)       

√    Metode yang diterapkan hanya dalam bentuk cerita atau ceramah
6    Memberikan contoh     √        Contoh dari pengalaman tanpa media
7    Menggunaka media yang tepat         √    Tanpa media
8    Memberikan penguatan (keterampilan memberikan penguatan)    √        Penguatan dalam bentuk pujian “bagus”
9    Membimbing diskusi (keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil)         √    Membimbing kelompok kecil dalam Tanya jawab
10    Melakukan penilaian hasil dan proses belajar (ketermpilan menutup pelajaran)         √    Siswa mengerjakan tugas tanpa pembahasan
11    Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan     √        Membimbing siswa yang kewalahan
12    Memberikan balikan (keterampilan menutup pelajaran)        √    Tidak memberikan tindak lanjut
    dst           

**) Beri tanda  

Kesimpulan :
Dari pengamatan diatas peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa pembelajaran IPS di kelas tidak secara tuntas di pelajari sesuai perolehan nilai siswa.




    Baumi,..............
Peneliti


APOLINARIS  LASIMAI
NIM : 8219 50 616






DAFTAR PENILAIAN


Mata pelajaran     : IPS / pertanian
Kelas/ semester    : III (Tiga) / II (dua)
Standar  kompentensi    : Memahami  Jenis Pekerjaan dan Penggunaan Uang
RPP Ke    : 2
No    Nama Siswa    Nilai Perolehan
   
Ket.


        Angka
    Huruf
   
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10    Tegar Kesamai
Eriance Onlani
Lukas Maimak
Putry Kasamai
Aksamina Mayten
Yoseb Maifa
Yakomina Manleti
Elsa Lanmai
Natan Maiten
Maria Mailau
    73
69
68
65
75
75
74
79
80
70    Tujuh Puluh Tiga
Enam Puluh Sembilan
Enam Puluh Delapan
Enam Puluh Lima
Tujuh Puluh Lima
Tujuh  Puluh Lima
Tujuh Puluh Empat
Tujuh Puluh Sembilan
Delapan Puluh
Tujuh Puluh    





    Baumi,..............
Peneliti


APOLINARIS  LASIMAI
NIM : 8219 50 616




LEMBARAN REFLEKSI
SIKLUS I
Mata Pelajaran / Tema     : IPS / pertanaian
Kelas / Semester        : III  (Tiga)/ II( dua)
Sekolah Dasar            : SD Negeri Baumi

REFLEKSI KOMPONEN

1.    Apakah kegiatan membuka pelajaaran yang saya lakukan dapat mengarahakn dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran yang baik?
Ya ! Saya yakin bawah dalam membuka pelajaran dapat  mengarakan siswa dalam pelajaran ips
2.    Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi / bahan ajar yang  sya sajikan sesuai dengan yang di harapkan? (Apakah masih terlalu tinggi, terlalu rendah, ataukan sudah sesuai dengan kemampuan awal?
Saya Berkesimpulan Bahawa Materi/Bahan Ajar Yang Saya  Sajikan Kurang Diminati Siswa Karena Saya Tanpa Menjelaskan Tujun Pembelajaran.
3.    Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan? apakan sesuai  dan mempermudah siswa menguasai kompetensi / materi yang diajarkan?
Saya berkesimpulan bahwa penggunaan media pembelajaran kuarang tepat sasaran dalam penguasaan materi IPS

4.    Bagaimana tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang saya rancang?
Tanggapan siswa terhadap kegiatan belajar yang saya rancang tidak memuaskan siswa karena saya berikan materi ajar secara monoton.
5.    Bagaimana taggapan siswa terhadap metode / teknik pembelajaran yang saya gunakan?
Metode yang saya terapkan dalam bentuk informasi tanpa member waktu kepada siswa
6.    Bagaimana tanggpan siswa terhadap pengelolaan kelas (perlakuan saya terhadap siswa, cara mengtasimasalah, memotivasi siswa) Yang saya lakukan?
Dalam pelajaran IPS menyangkut jenis-jenis pekerjaan ada diantara siswa yang mengeluarkan pendapat.
7.    Apakah siswa dapat menangkap penjelasan/ instruksi yang saya berikan dengan baik?
Saya berkesimpulan bahwa sebagian besar siswa tidak menagkap penjelasan yang saya berikan.
8.    Bagaimana tanggapan siswa terhadap latihan atau penilaian yang saya berikan?
Sebagian siswa merespon dengan latihan dan penilaian yang saya berikan.
9.    Apakah siwa telah mencapai penguasaan atau kemampuan yang telah ditetapkan?
Menurut saya siswa tidak mencapai kompetensi yang di harapkan .
10.    Apakah saya telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik?
Alokasi waktu yang saya rencanakan tidak saya gunakan scara baik dalam pembelajaran IPS.
11.    Apakah kegiatan penutup pelajaran yang saya gunakan sudah dapat meningkatkan pemahaman siswa tehadap materi pelajaran yang saya sampaikan?
Saya berkesimpulan bahwa dalam kegiatatn menutup pelajran sebagian siswa tidak memahami materi yang saya sajikan dalam pembelajaran.












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RRP ) TEMATIK
SIKLUS II
Mata pelajaran / Tema    : IPS / Pertanaian
Kelas/semester        : III  (Tiga)/ II( Dua)
Sekolah dasar            : SD Negeri Baumi
I.    Standar kompetensi
2. Memahami jenis pekerjaan dan pengunaan uang.
II.    Kompetensi dasar
2.2.Memahami pentingnya semangat kerja
III.    Tujuan Pembelajaran :
1.    Memahami penjelasan siswa dapt memahami pentingnya semangat kerja
2.    Melalui penjelasan siswa dapat memahami cirri-ciri orang yang memiliki semangat kerja.
3.    Melaui cerita siswa dapat menjelaskan alasan orang harus bekerja
    Tujuan perbaikan:
    Meningkatkan pemahaman dan keaktifan siwa dalam pembelajaran IPS melalui strategi atau desain pembelajaran.
Karakter siswa yang di harapkan    
-    Disiplin
-    Tekun
-    Tanggung Jawab
-    Ketelitian     -    Kerja sama
-    Toleransi
-    Percaya diri
-    Keberanian
IV.    Materi Pokok:
1.    Jenis-jenis pekerjaan
2.    Semangat kerja
V.    Metode Pembelajaran
•    Informasi                
•    Diskusi
•    Tanya jawab
•    Pemberian tugas
VI.    Langkah-langkah pembelajaran
A.    Kegiatan Awal:
-    Apersepsi:
    Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar ajar beserta perlengkapannya
    Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapatnya.
    Menyajikan beberapa pertanyaan materi minggu lalu
    Menyampaikan tugas pembelajaran yang mau diajarkan
B.    Kegiatan Inti:
-    Explorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru :
    Guru member pertanyaan kepada siswa tentang pekerjaan orang tua,  untuk apa orang tua bekerja
    Guru menjelaskan pentingnya suatu keterampilan agar mudah mendapat pekerjaan
    Guru menjelaskan pentingnya orang yang memiliki semangat kerja.
    Guru menjelaskan cirri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
    Siswa dapat menarik kesimpulan dari ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
-    Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru, :
    Memotifasikan peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
    Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran koopertif dan kolaboratif.
    Memotifasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
-    Konfirmasi :
Dalam kegiatan knfirmasi, guru :
    Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami \.
    Bersama siswa bertanya jawab melurusskan kesalahan pemahan, memberikan tugas penguatan dan penyipulan
C.    Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan akhir, guru :
    Mengajukan pertanyaan sekitar materi ajar
    Siswa megerjakan tugas yang diberikan
    Bersama siswa menyimpulkan materi yang dipelajari
VII.    Alat dan sumber belajar
Sumber belajar
    Buku IPS “ Ilmu pengetahuan Sosial 3”  hal 37-45
VIII.    Penilaian
    Bentuk Instrumen
1.    Menjelaskan mengapa orang harus bekerja
2.    Berikan 3 contoh jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
3.    Berikan 3 contoh jenis pekerjaan yang mengahasilkan jasa
4.    Sebutkan 2 jenis pekerjaan berdasarkan penghaassilannya
5.    Sebutkan cirri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
    Jawaban
1.    Untuk memenuhi kebutuhan hidup
2.    3 contoh jenis pekerjaan yang mengahsilkan barang yakni : Petani, tukang kayu, nelayan, penjahit.
3.    3 contoh pekerjaan yang mengahasilkan jasa yakni : Guru, sopir, Dokter, Polisi.
4.    2 jenis pekerjaan berdasrkan penghasilan yaitu : barang dan jasa
5.    Cirri-ciri orang yang memiliki semngat kerja yaitu : Kerja keras, disiplin dan jujur.

LEMBARAN OBSERVASI PTK
SIKLUS II
Mata Pelajaran/Tema    : IPS / Pertanian
Kelas / Semester    : III (tiga) / II (dua)
Standar Kompetensi    : Memahami Jenis Pekerjaan dan Penggunaan Uang.
RPP. Ke        : 2
No    Aspek Yang Di Observasi    Kemunculan    Komentar
        Ada    Tidak Ada   
1    Menyediakan pijakan (Keterampilan membuka pelajaran)       

            cek kehadiran dan memtivasi dan apresiasi
2    Memberikan  tuntutan (keterampilan bertanya)        √        menyampaikan tujuan pembelajaran
3    Melibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran (keterampilan bertanya)   
√        Menarik perhatian siswa dan bertanya.
4    Penjelasan konsep oleh guru (keterampilan menjelaskan)    √        Pennaman konsep dengan cerita / ceramah
5    Melaksanakan pembelajaran dengan menggunaka metode yang bervariasi dan member pengalaman langsung kepada siswa (keterampilan mengadakan variasi)    √   

    Metode informasi, diskusi, Tanya jawab dan pemberian tugas 
6    Memberikan contoh (keterampilan
Megadakn variasi     √        Contoh dalam bentuk lisan dan tertulis 
7    Menggunakan media yang tepat
(keterampilan mengadakan variasi)    √        Pengalaman yang disesuaikan keberadaan siswa 
8    Memberikan penguatan (keterampilan memberi penguatan)    √        Penguatan dalam verbal “bagus”
9    Membimbing diskusi (keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil)     √        Membagi informasi dan pengalaman sesuai materi ajar
10    Melakukan penilaian hasil dan proses belajar (ketermpilan menutup pelajaran)     √        Siswa merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh guru
11    Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan     √        Siswa masing-masing diberi tugas
12    Memberikan balikan (keterampilan menutup pelajaran)        √        Bersama siswa menyimpulkan materi ajar 
    dst           
 **) Beri tanda
Kesimpulan :
Berdasarkan  pengamatan diatas peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa desain dan strategi yang digunakan dalam pembelajaran  IPS di kelas dapat meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa di kelas III
    Baumi,..............
Peneliti


APOLINARIS  LASIMAI
NIM : 8219 50 616

DAFTAR NILAI SISWA
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
SIKLUS II
Mata pelajaran / Ttema    : IPS / Pertanian
Kelas/ semester    : III (Tiga) / II (dua)
RPP Ke    : 2
No    Nama Siswa    Nilai Perolehan    Ket
        Angka    Huruf   
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10    Tegar Kesamai
Eriance Onlani
Lukas Maima
Putry Kasamai
Aksamina Mayten
Yoseb Maifa
Yakomina Manleti
Elsa Lanmai
Natan Maiten
Maria Maima
    80
80
79
85
76
77
84
83
80
76    Delapan Puluh
Delapan Puluh
Tujuh Puluh Sembilan
Delapan Puluh Lima
Tujuh Puluh Enam
Tujuh Puluh Tujuh
Delapan Puluh Empat
Delapan Puluh Tiga
Delapan Puluh
Tujuh Puluh Enam   

    Baumi,..............
Peneliti


APOLINARIS  LASIMAI
NIM : 8219 50 616
REFLEKSI PTK
SIKLUS II ( Dua)
Mata pelajaran / Tema    : IPS / Pertanaian
Kelas / Semester        : III  (Tiga) / II( dua)
Standar Kompetensi        : Memahami  jenis pekerjaan dan pengunaan uang
RRP ke            : 2

A.    REFLEKSI KOMPONEN
1.    Apakah rencana pembelajaran yang saya susun berjalan sebagai mana mestinnya? (jika tidak seluruhnya,  apakah saya telah melakukan penyesuaian rencana pelajaran dengan baik? )
Ya saya berkesimpulan saya telah melakukan penyesuaian dengan prosedur rencana pelaksanaan pembelajaran.
2.    Apakah saya dalam menyusun dan melakukan pembelajaran? Dalam hal apa saja penguasaan materi, penggunaan metode teknik pembelajaran, penataaan, kegiatan, pengelolaan kelas, komunikasi dan pendekatan siswa, pengunaan waktu serta penilaian belajar?
Ya saya berkesimpulan bahwa dalam pembelajaran IPS desain dan strategi belajar yang saya gunakan cukup membawa dampak positif.
3.    Apakah kekuatan saya atau hal- hal baik yang telah saya capai dalam melaksanakan pembelajaran?
Adanya peningkatan pemahaman siswa tentang materi IPS menyangkut jenis-jenis pekerjaan dan secara aktif siswa berpartisipasi dalam pembelajaran.
4.    Apa penyebab kelebihan dan kebaikan yang telah saya capai dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran?
Penyebab kelebihan yang saya capai adalah pengunaan strategi belajar yang tepat dan metode yang saya gunakan tidak bersifat monoton / searah.
5.    Bagaiman kebaikan dan kekuatan saya dalam mengajar dapat di pertahankan bahkan ditingkatkan?
Caranya, belajar dan terus belajar menjadi guru yang professional.
6.    Ha- hal unik ( posotif atau negatif apa saja ) yang terjadi dalam pembelajaran?
Hal positif yang saya peroleh dalam pembelajaran dimana siswa mau berpartisipasi secara aktif




CURICULUM VITAE
a.    Identitas Peneliti    
Nama            : APOLINARIS LASIMAI
NIM            : 821950616
Pendidikan Terakhir    : SMA
Tempat, Tanggal Lahir    : Senfa, 06 Agustus 1986
Jenis Kelamin        : Laki- laki
Status Perkawinan    : Belum Kawin
Agama            : Kristen Protestan
Alamat            : Jln. Sibone, Desa Lembur Timur, Kecamatan Lembur.
b.    Riwayat Pendidikan     :
SD Negeri Baumi, Tamat Tahun 1999
SMP Kristen 04 Kalabahi Tamat tahun 2002
SMA Sederajat Tamat Tahun 2005
c.    Riwayat Pekerjaan          :
•    Sejak Tahun 2006 bekerja sebagi guru komite di SD Ngeri Baumi Sampai dengan 2013 masih aktif.
•    Mengajar kelas III ( Tiga )
d.    Riwayat Organisasi:
•    Anggota PMI Kecamatan Lembur
•    Anggota KNPI Kecamatan Lembur

1 komentar:

  1. Casino Near Me - MapYRO
    Find the BEST and NEWEST Casinos in San 대전광역 출장안마 Francisco, CA near 포천 출장안마 Casino at 1969 충청북도 출장마사지 Paradise Rd. 777 Casino 안동 출장샵 Drive. 진주 출장샵 777 Casino Drive (San Francisco, CA)

    BalasHapus

silahkan di komen yah.....